Monday, July 14, 2014

Di Balik Layar

ketika cahaya matahari
menimpa butir-butir air
saat itu terjadi pelangi
dibiaskan, dipantulkan
sedemikian rupa
indah, warnanya banyak
tak hanya satu

seperti hidup 
beragam
tapi tetap berada pada ekuilibrium
seimbang
tidak berat sebelah

sampai saat ini
Yang Maha
tetap mengatur
sedemikian sehingga

matahari tak pernah lupa terbit
bumi tak seenaknya beredar di bimasakti
bahkan bintang, rasinya tetap sama.



umur gue 20 tahun ini, udah cukup tua kalau dicap sebagai anak-anak. walau gue enggak ngecap diri gue dewasa tapi seenggaknya gue ngerasa mengalami proses kedewasaan.
semakin gue berjalan kedepan, semakin banyak hal-hal yang gak bisa ditangkep naked eyes waktu zaman gue kecil mulai kebuka perlahan-lahan, kaya sebuah kotak keramat yang cuma bisa dibuka dengan pengkodean yang rumit. banyak banget yang gue pahami sedikit demi sedikit.

gue ngerasa kehidupan itu dibagi dua, di depan layar dan di balik layar. yang selalu disiguhin di depan mata kita sekarang mungkin itu termasuk yang di depan layar. semuanya udah diedit sedemikian rupa tanpa kita tau proses dibaliknya.
kayak kita liat orang sukses, semuanya terkemas apik diperlihatkan didepan kita. mungkin dia cerita gimana dia bisa sukses, mungkin sampai dibuat buku atau filmnya. kalau menurut gue walau dia udah ceritain semua gimana kisahnya, itu tetep udah di depan layar.

proses di balik layar itu bukan proses yang diceritain ulang, proses dibalik layar itu sekarang. waktu yang kita habiskan dengan diri kita sendiri, waktu yang relatif karna milik kita sendiri, waktu yang tanpa orang lain tau apa yang kita rasain, rencanain, galaukan, pusingkan, sedihkan, dan segala tetek bengek rasa yang bisa manusia rasain.
gue ngerasa dengan diri sendiri itu poses di balik layarnya. dan cuma kita sendiri yang ngerti.

karna hidup itu beragam, gue jadi ngerti kadang kita gak boleh selalu maksain apa yang pengen bangetin kitain pengenin. kadang kita pengen gini, malah jadi gitu, pengen gitu, malah jadi gini.

kadang buat jadi putih kita pernah ngerasa hitam dulu
buat jadi kupu-kupu yang cantik, kita jadi kepompong yang buruk rupa dulu

tapi gue terkesan sama tulisan RD di manusia setengah salmonnya hasil nginjem dari si nandi. katanya ; ternyata buat dapetin apa yang kita pengenin kita ga harus jadi super, tapi cukup jadi manusia setengah salmon. karna ikan salmon itu berani ngelawan arus walau kadang dia mati di perjalanan, tapi mereka berani pindah.
pindah disini mungkin filosofinya berani ke suatu tempat yang baru, diri kita yang baru, mencoba yang baru, tapi pisah sama sesuatu yang lalu.

tapi yang namanya kepindahan berarti berpisah sama suatu yang dulu akrab dengan kita, so pasti ada kesedihan yang bakal muncul kepermukaan.
kaya gue yang udah di masa abu-abu akhir, gue udah ada di titik jenuh dimana gue udah sangeuk belajar dan gue ngerasa orientasi selama ini gue belajar buat apa? apa ilmu yang gue dapet itu bakal nempel terus? kayanya udah salah niat kalau gue cuma nyari nilai. mungkin kalau gue lulus entar (amin) gue malah bakal kangen sama SMA gue ;( walau gitu ada satu yang gak dipelajarin dalam kbm sekolah tapi kita belajar otodidak sendiri.
gimana kita belajar berteman
belajar mengamati sifat orang selama pergaulan sama mereka
belajar jadi orang
karna gue suka denger ada yang ngomong
orang tua pengen anaknya jadi orang
lah selama ini kita masih calon orang teman-teman :)

dan gue juga terkesan banget sama bukunya andrea hirata yang lagi lagi gue pinjem dari seorang teman bernama vidi, kadang dalam hidup, kita dibuat sangat jatuh, terus orang-orang sekitar  buat kita ngerasa gak mampu kalau kita bisa capai mimpi. tapi inget juga sama bukunya ahmad fuadi yang gue pinjem dari nadya kalau kita bersungguh-sungguh pasti berhasil "Man jadda wajada". jadi gue pengen sungguh sungguh tapi pada kenyataannya, derajat keNATOan orang (No Action Talk Only) lebih besar daripada do it itu sendiri.

mungkin balik lagi proses di balik layarnya dengan diri kita sendiri itu
kalau ngurus diri yang nyata aja belum bisa
gimana kalau ngurus mimpi yang gak berbentuk materi kita bisa

dan gue juga terkesan sama bukunya fira basuki, kali ini itu buku punya gue gak menang minjem. katanya terkadang kita harus nyoba berani ngelakuin apa yang masih ngeganjel dihati supaya kita tau apa yang sebenernya kita inginkan, butuhkan.

terakhir, hidup itu udah di depan layar karna sutradaranya adalah Tuhan sendiri
tapi proses gimana kita bisa ngisi scene itu sendiri ada di kita
karna kita lah yang megang di balik layarnya
terlepas dari nasib dan takdir

hidup itu cuma sekali
buat apa hidup di satu hal yang gak lu sukai
buat apa hidup tapi selamanya bohongin diri sendiri kalau lu gasuka ada di tempat itu
move, move, move on

jadi diri sendiri
jangan pernah coba jadi orang lain
karna kita istimewa
sidik jari kita gak pernah ada yang sama
kita manusia
kita unik

semoga suatu hari bisa bertemu lagi di suatu tempat yang indah :)









0 comments:

Post a Comment

 
;